Pages

Minggu, 05 Februari 2012

Pen spinning, seni memutar pena (II) (tutorial)

Di bagian kedua ini ngebahas tentang macam-macam teknik dari permainan pen spinning, cekidot ..

ThumbAround
Nama Lama: Simple thumbspin, thumbspin
Sesuai dengan namanya, thumbaround berarti pensil akan memutari jempol kita. Jangan pernah berpikir ini sulit, karena sesungguhnya ini adalah salah satu trik termudah.

Step by step:
1. Pegang pensil dengan jempol, telunjuk, dan jari tengah
2. Ingat jempol adalah pivotnya (tempat pensil akan berputar)
3. Dorong dengan jari tengah
4. Jempol tidak boleh bergerak (sedikitpun)
5. Jangan berpikir pensil akan jatuh, karena akan membuat kita panik
6. Pensil berputar
7. Pensil ditangkap dengan jempol dan telunjuk

Setidaknya, dalam seminggu dari sekarang anda sudah mahir melakukan trik ini. Trik ini mudah dan mempunyai crowd effect yang cukup baik bagi kalangan non-pen spinners.

Charge
Nama Lama: Gyrating Twirl
Setelah sukses dengan Thumbaround, Anda bisa lanjut ke trik ini. Dalam trik ini, jempol sama sekali tidak dibutuhkan. Trik ini sebenarnya tidak sulit, tapi jari yang lentur sangat dibutuhkan dalam trik ini. Bila sukses, Pensil akan terlihat seperti stik drum yang diputar oleh drummer pada umumnya. Walau berputar, tapi tidak terjadi perpindahan posisi.

Step by step:
1. Pegang pensil pada posisi 23 (antara jari tengah dan manis)
2. Jari manis tidak boleh bergerak
3. Jari tengah bertugas untuk membuat pensil membentuk circular motion (gerakan membentuk lingkaran). Dengan cara menggerakannya naik-turun.
4. Pensil akan membentuk circular motion, tapi tidak terjadi perpindahan

Charge yang berhasil terjadi karena satu jari bertugas sebagai penopang dan jari lainnya bertugas untuk menggerakannya. Bila satu tangan ikut berputar dapat dikatakan chargenya belum sukses. Bila Anda merasa susah pada posisi 23 dapat dicoba di 12 (diantara telunjuk dan jari tengah).

Sonic
Nama Lama: Three-Two Jump
Menurut saya, sonic adalah yang tersusah dalam fundamental. Tapi sekali anda bisa sonic, maka pintu untuk mempelajari trik yang lebih sulit akan terbuka. Inti dari sonic adalah memindahkan pensil dari satu slot ke slot yang lain dengan sangat cepat dan membentuk circular motion. Karena sangat cepat, trik ini diberi nama sonic. Sonic sendiri bisa dikatakan sebagai tetangga dari charge karena kemiripan dan kemudahannya untuk dijadikan sebagai combo.

Step by step:
1. Pegang pensil pada posisi 23
2. Lakukan gerakan seperti charge
3. Sentuh ujung pensil yang berada di bagian luar jari dengan telunjuk
4. Dengan cepat, turunkan jari tengah
5. Naikkan kembali jari tengah
6. Pensil sekarang ada di posisi 12

Sonic memang membutuhkan waktu belajar cukup lama, setelah itu butuh untuk melancarkan. Tapi sonic adalah trik yang akan memberi efek puas bagi yang bisa, selain itu sonic juga enak untuk dilihat.

Note:
Sonic yang baik menghasilkan circular motion (gerakan membentuk lingkaran). Beberapa orang mempunyai kesulitan dalam membentuk circular motion, walaupun mereka sudah dapat memindahkan pensil dengan cepat.

Fingerpass
Nama Lama: Four Finger Loop
Fingerpass disebut combo karena merupakan gabungan dari trik yang bernama pass. Fingerpass adalah trik yang mudah dipelajari namun sulit untuk dikuasai (dalam artian melakukan dengan cepat dan halus). Fingerpass juga mudah digabung menjadii combo dengan charge atau sonic. Meski begitu Fingerpass masih kalah dalam hal penampilan dengan sonic.

Step by step:
1. Pegang pensil pada posisi 34
2. Pindahkan pensil ke 23, dengan cara mengambil bagian pensil menggunakan jari tengah, melalui bagian luar jari
3. Ulangi step 2, hanya saja posisinya beda.
4. Pensil berada di posisi 12
5. Sekarang pindahkan pensil ke posisi 23, hanya saja lewat bagian dalam jari
6. Lakukan hal yang sama hingga sampai pada posisi 34.

Selain fundamental tricks di atas, ada beberapa trick/combo lainnya yang juga perlu dikuasai :

Infinity

Dimulai dengan memegang pena dalam posisi menulis, dekat ujung pena. Poros pena digerakkan dari atas ibu jari dan jari telunjuk ke bagian bawah ibu jari dan telunjuk. Kemudian pena menuju posisi 12. Poros pena bergerak dari atas jari-jari ke bawah. Pena kemudian berayun kembali pada posisi semula. Bila pena tidak berhasil ke slot jari yang berbeda, trik ini disebut "Figure 8". Jika terjadi lebih banyak perpindahan slot, bisa disebut "Double Infinity".

Shadow

Ini adalah trik di mana telapak tangan menghadap ke bawah. Pena dimulai pada slot jari (biasanya 12) dan terjadi 0,5 putaran dalam posisi charge sebelum menuju ke atas tangan. Pena harus bergerak 0,5 putaran di atas jari-jari. Mendekati akhir 0,5 putaran di atas, perlahan angkat salah satu jari untuk menangkap pena (biasanya jari telunjuk untuk menangkapnya di slot 12). 0,5 putaran akhir akan mengakhiri trik ini.

Inverse Shadow

Jika Shadow dilakukan dengan telapak tangan menghadap ke atas maka dinamakan Inverse Shadow. Jauh lebih sulit untuk menguasainya daripada Shadow.

ThumbSpin

ThumbSpin adalah sebuah variasi dari ThumbAround, pena berputar lebih dari satu putaran dan berputar di atas jempol. Posisi awal dan akhir sama seperti ThumbAround. Spinner dapat membuat pena berputar sebanyak yang mereka mau.

Korean BackAround

Korean BackAround atau disebut "Bak", adalah sebuah trik populer dimana pena berputar di sekitar salah satu jari [bukan jempol]. Bak yang mengitari jari telunjuk disebut Index Bak. Juga ada BakFall (Korean BackAround Fall), dimana spinner melakukan empat Bak berturut-turut, dari jari telunjuk menuju ke jari kelingking.

Hai Tua

Hai Tua adalah trik mengesankan berupa putaran pena mengitari tangan. Rincian dari Hai Tua adalah twisted sonic bust menuju HandAround kemudian ke Fingerless ThumbAround Catch. Caranya dimulai dengan twisted sonic bust, kemudian spinner menurunkan telapak tangan sehingga pena terus berputar, meluncur di atas sisi belakang tangan. Pena bergerak ke ujung tangan dan dilepaskan ke udara dengan cepat. Spinner kemudian menaikkan telapak tangan kembali untuk menangkap pena dengan trik Fingerless ThumbAround. Hai Tua melibatkan 2,5 putaran pena.

Untuk beberapa teknik lain berupa hybrid, combo, dan freestyle videonya di bawah.
 
 





2 komentar:

  1. baru bisa thumbaround doang, hehehe
    mau belajar sonic gabisa bisa -__-
    btw makasih banget gan artikelnya bagus

    BalasHapus
  2. mau ty kk admin..pulpennya itu khusus atau pake pulpen biasa juga bisa??
    tolong dijawab kk,lg minat bgt belajar ,thnxs

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...